GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Anggrek2 Berkhasiat


Tak sekadar cantik sebagai tanaman hias. Anggrek ternyata juga menyimpan sejumlah khasiat atau manfaat mulai dari makanan, obat, parfum hingga pewarna pakaian. Khusus untuk obat, penelitian khusus memang susah ditemukan. Bahkan di Eropa tempo dulu, orang tertarik mempelajari anggrek bukan karena keindahan bunganya melainkan khasiatnya sebagai aprodisiak.

Makanan dan Obat Kuat
Pemanfaatan anggrek secara turun temurun adalah sebagai bahan aroma makanan. Anda sering makan es krim atau biskuit rasa vanila? Tak banyak yang tahu, vanili alias vanila termasuk keluarga anggrek. Pemanfaatan Vanilla planifolia, dikenal sebagai vanili, sudah dimulai sejak abad ke-16 M. Diawali saat ekspansi bangsa Eropa, mereka membawa vanili dari Meksiko ke Spanyol.

Es krim dari Turki dibuat dari umbi genus orchis sangat terkenal di dunia. Hal itulah yang membuat Eric Hansen menuliskan kehebatan salepi dondurma - nama es krim itu - dalam buku Orchids Fever.

Kata orchid berasal dari bahasa Yunani orchis yang berarti testikel. Barang kali, Linnaeus, pemberi nama famili ini terinspirasi tatkala melihat umbi genus orchis (O. latifoliay O.maseula, 0. Mas- culata, dan 0. anatoliea) yang mirip testis. Bahkan, Linnaeus menuliskan pada 1751, umbi orchis sebagai aprodisiak sebagaimana yang direkomendasikan Dioseorides, ahli fisiologi Yunani pada abad pertama masehi.

Karena kepercayaan itu, orang Turkimemproduksinya sebagai minuman kesehatan para lelaki. Di Maras - disebut sebagai kota asal minuman berkhasiat ini, bisa ditemukan banyak warung khusus menjual salepi dondurma. Seperti halnya kedai es krim atau warung kopi, tempat kongkow-kongkow sambil ngobrol.



Obat Penyakit Maut
Isu sebagai obat sering diperbincangkan di kalangan pehobi anggrek. Semisal Dendrobium crumenatum alias anggrek merpati, dipercaya sebagai obat kanker. Beredar di group2 FB tentang anggrek, D. crumenatum dihargai lebih mahal jika dijual per kg pohon daripada dijual per pot sebagai tanaman hias.

Selain anggrek merpati, Macodes petola juga dipercaya menyembuhkan kanker. "Orang Jakarta banyak mencari bahkan sampai pohon yang kecil-kecil diambil," kata Buang, penduduk di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah. Harga macodes kering bisa sampai jutaan per kg. Makanya, perburuan macodes marak sekitar 2 tahun silam yang menyebabkan ludesnya populasi di habitat aslinya. Anggrek dataran tinggi ini juga sudah susah ditemukan di kawasan gunung di Jawa Barat. Padahal sebelum ada isu itu, jewel orchid ini mudah ditemukan. Tentang kebenarannya, hingga saat ini belum ditemukan data ilmiah mengenai khasiat yang sesungguhnya.

Penggunaan anggrek sebagai obat secara tradisional pernah dirasakan oleh Tarmuji, peneliti anggrek di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur. Beberapa tahun sebelumnya, hobiis anggrek itu bertugas di hutan Maluku. Saat bertugas, beberapa kru sakit. Terkena gigitan ular, sembelit, dan disentri. Oleh pemandu lokal, disuruh makan pseudobulb anggrek bidadari (Gramma- thophyllum scriptum). Berangsur-angsur penyakitnya sembuh. Penggunaan anggrek untuk pengobatan tradisional di Maluku juga tercantum dalam PROSEA (Plant Resources of South-East Asia 12). Dijelaskan bahwa penggunaan secara tradisional memang banyak, tetapi belum didukung penelitian secara ilmiah.


Parfum Nan Eksotik
Shiseido, pabrik kosmetik di Jepang memproduksi aneka parfum berbahan anggrek. Katsuhiko Tukoda, ahli parfum di Shiseido membagi anggrek dalam dua kelompok dasar. Pertama, toyoran alias oriental orchids dari Taiwan, Jepang, China dan Korea. Anggrek ini berukuran kecil tetapi sangat wangi. Dikoleksi dan dikagumi daun dan aromanya. Kelompok kedua, yakni yoran, diintroduksikan dari Eropa dan negara barat lainnya setelah tahun 1868 ketika paham barat masuk ke Jepang.

Orang Jepang banyak menggunakan toyoran sebagai parfum. Tak harus diolah menjadi minyak, tetapi cukup diletakkan sebagai pengharum ruangan. Anggrek diletakkan di tokonoma, sudut utama dalam rumah Jepang. Anggrek yang digunakan, antara lain Cymbidium faberi, C. kanran atau Dendrobium mo- niliforme, Neofinetia falcata (siang aromanya seperti lili, malam seperti kue mentega) dan Calanthe izu-insularis.
Cymbidum faberi merupakan anggrek yang ditekuni lebih serius sebagai parfum. Dari anggrek ini diisolasi senyawa methyl epijasmonate (C13H2Q03), senyawa yang memberi aroma melati.

Di Indonesia, anggrek wangi juga kerap digunakan untuk 'mengharumkan'kebun. Sebagai contoh Phalaenopsis violacea, Aerides odorata, Cattleya hibrid, dan lain-lain.

Manfaat Anggrek Sebagai Obat

ARUNDINA CHINENSIS
- Kandungan : daun dan batang mengandung saponin, kardenolin, flavanoid dan polifenol.
- Obat infeksi saluran kemih: 30 g daun anggrek segar, dicuci lantas direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit. Disaring, setelah dingin diminum sekaligus. Minumnya sehari sekali di pagi hari.
- Obat radang hati: Daun dan batang anggrek segar 60 g, dicuci dan direbus dengan 200 ml air sampai mendidih selama 10 menit Setelah dingin diminum 2 kali sehari.

PH Al US TANKERVILLAE
- Kandungan : saponin, kardenalin, poliferol, dan antrakinon.
- Obat batuk: 30 g umbi anggrek segar, dicuci, direbus dengan 200 ml air. Sisakan setengah lantas diminum. Tidak boleh untuk wanita hamil.
- Obat bengkak: 30 g umbi anggrek segar, ditumbuk halus lantas ditempelkan pada bagian yang bengkak.

PHOLIDOTA CHINENSIS
- Kandungan : kardenolin, flavanoid dan poliferol.

- Obat rematik: Seluruh bagian tanaman anggrek sebanyak 60 g, dicuci bersih, lalu direbus dalam 400 ml air sampai mendidih selama 25 menit. Air rebusan diminum setelah dingin.

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9