GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Syarat Bibit Mangga yang Baik


Banyak yang tidak tahu, seperti apakah bibit mangga yang memenuhi syarat itu. Paling-paling yang dapat kita jadikan patokan ialah pertumbuhannya yang sehat dan subur. Padahal, bibit mangga yang baik tidak hanya itu saja syaratnya.

Bibit mangga yang dijual di kios-kios pertanian biasanya memang sehat dan subur, tapi pertumbuhannya sering hanya lurus memanjang ke atas sehingga tampak "jangkung". Kalau bibit ini ditanam, nantinya ia akan menjadi pohon yang percabangannya sedikit dan tajuk pohonnya kurang menarik. Untuk memperbaikinya, kita perlu bekerja ekstra dengan pemangkasan awal, yaitu, pemangkasan untuk membentuk pola dasar tajuk pohon, serta sekaligus untuk menumbuhkan cabang-cabang baru yang memadai.

Supaya kita tidak bekerja ekstra seperti itu, dalam membeli bibit kita mesti memperhatikan hal berikut: pertama-tama, belilah bibit sambungan, sebaiknya bibit sambungan dini (mini grafting), yaitu, sambungan yang menggunakan batang bawah berumur 2-3 bulan. Keuntungan sambungan ini dibanding sambungan biasa (batang bawah berumur 9-12 bulan), ialah, pertumbuhannya lebih cepat dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Ciri-ciri sambungan dini itu, selain ada bekas sambungan pada batangnya, batang ini relatif lebih kecil dibanding sambungan biasa.

Bibit semacam ini, di samping akan menumbuhkan, pohon yang kokoh, juga memberikan beberapa keuntungan. Misalnya, nantinya pohon bisa lebih cepat berbuah (umur 3-4 tahun sudah berbuah). Bibit vegetatif lainnya, seperti cangkokan, juga bisa menjadikan pohon yang cepat berbuah, namun pohonnya kurang kokoh. Untuk menjadi pohon yang kokoh, bibit cangkokan memerlukan waktu lama. Pohon yang berasal dari bibit okulasi bisa menumbuhkan pohon yang kokoh, tapi ia agak lambat berbuah dibanding pohon dari bibit sambungan. Pohon dari bibit okulasi biasanya baru berbuah pada umur 4-5 tahun, bahkan sering terjadi lebih dari itu.

Di samping itu, dalam membeli bibit mangga, kita juga harus memperhatikan bagaimana penampakan bibitnya. Selain subur, sehat dan pertumbuhannya baik, bibit juga harus sudah bercabang, paling tidak bercabang dua. Cabang ini tumbuhnya sekitar 50-70 cm dari tanah pembibitan. Sebaiknya dipilih yang bercabang sebab nantinya ia akan bisa membentuk tajuk pohon yang baik, dan bisa memberikan cabang baru yang pertumbuhannya baik pula, teratur, dan banyak jumlahnya (sehingga memungkinkan pohon mangga bisa berbuah lebat). Selebihnya, kita tidak perlu lagi melakukan pemangkasan awal untuk membuat pola dasar bentuk tajuk, kecuali pemangkasan lanjutan untuk menumbuhkan cabang baru dan mengatur pertumbuhan cabang ini.


Kalau kedua hal di atas diperhatikan, tentu kita akan mendapatkan bibit mangga yang tidak hanya sesuai dengan jenis mangganya yang dipilih, tapi juga memenuhi syarat. Dengan demikian, kita nanti bisa mempunyai pohon mangga yang baik tumbuhnya.

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9