KLIK dan DAFTAR SEKARANG DI AGROSUKSES: Dapatkan Pendanaan, Permodalan, Pemasaran, Kemitraan, dan lain-lain khusus di bidang: Perikanan, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Agroindustri. (AGROSUKSES, Mitra Agro Terpercaya Sejak 2013).

CARA PESAN: (1). Transfer ke Rekening Mandiri: 127.000.631.8081 a/n PT. Agromania Mitra Artha uang sejumlah Rp 425.000. (2). Setelah transfer, infokan ke kami via SMS/WA ke nomor: 0822-4665-9164 dengan format "Ekspor, Nama Anda, Alamat Lengkap Anda". Contoh: Ekspor, Mira, Jl. Belimbing no.9 Kemang Timur Jaksel 12150. (3). Pesanan Anda langsung dikirim dan resi pengiriman kami kirim ke nomor Anda agar Anda bisa melacak pengiriman.

SEDIKIT INFO: Bisnis ikan sidat semakin banyak dilirik orang. Ikan asli Indonesia yang bernama latin anguilla sp dan mengandung gizi yang sangat tinggi (mengalahkan ikan salmon) ini telah membawa berkah pundi2 rejeki bagi banyak orang: mulai dari remaja, ibu rumah tangga, wiraswasta, karyawan, hingga pensiunan. Peluang bisnis terbaik saat ini dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Merindukan Melon Manis

Ketika jauh di mancanegara, apa yang dapat memupus kerinduan seseorang? Bagi Ishizu, perempuan asal Jepang, musk harvest king jawabannya. Dua tahun tinggal di Hegarmanah, Bandung, ia merindukan melon manis yang biasa disantap di kampung halamannya itu. "Enak. Kadang-kadang terlampau manis jika dipetik terlalu matang," katanya.

Sejak 6 bulan silam, Ishizu yang mengikuti sang suami mengajar di Bandung rutin mendapat kiriman musk harvest king. Yang memasok buah kegemaran adalah Asep Gunawan, pekebun di Lembang, Bandung. Setiap minggu pemilik VNG Farm itu mengantarkan 8 buah berukuran rata-rata 1,2 kg. Ia mengebunkan 2 jenis melon asal negeri Sakura.

Meski semula para ekspatriat Jepang yang disasar, kini keduanya mulai disukai masyarakat luas. Padahal, harga buah anggota famili Cucurbitaceae itu relatif mahal.. Berikut sosok kedua melon dari Jepang.

Musk harvest king
Tak jelas mengapa ia disebut demikian. Yang pasti rasanya sangat manis. Kadar gula mencapai 17-18 briks. Itu jika dituai matang. Sayang, ekspatriat Jepang kurang menyukai musk harvest king yang terlampau manis.

Daging buah berwarna jingga terasa lembut di lidah. Ketika dibelah horizontal, daging buah mudah dikerok dengan sendok. "Lebih enak jika diinapkan semalam," ujar Asep Gunawan memberi tip. Hampir tak ada rongga seperti lazimnya melon jenis lain. Ruang kecil disesaki biji. Bentuk buah cenderung bulat bergaris tengah 15 cm. Jaring yang menghiasi kulit tampak menonjol berwarna putih.

Asep menanam musk harvest king dalam greenhouse berpopulasi 500 tanaman. Interval penanaman 2 pekan. Ketika buah seukuran telur ayam, dilakukan seleksi. Sebab, ia hanya mempertahankan maksimal 2 buah per tanaman.


Musk rugger
Ia acap disebut melon semangka. Musababnya, di permukaan kulit terdapat lekukan berwarna hijau tua dan tanpa jaring mirip kulit semangka. Bentuk agak lonjong, bobot rata-rata 1,2 kg. Dibanding musk harvest king, jaring musk rugger relatif tipis. Tekstur keras, sehingga cocok untuk pengangkutan jarak jauh. Ia mampu bertahan 7-10 hari di suhu kamar.

Saat dibelah tampak daging buah berwarna jingga muda. Asep menyarankan, musk rugger dikonsumsi 3 hari usai pemetikan. Rasanya manis, kadar gula mencapai 16-17 briks. Lantaran kandungan air relatif sedikit, musk rugger terasa renyah. Jika digigit kerenyahan itu terasa sekali, terdengar bunyi kriuk-kriuk. Semakin mendekati kulit, aroma daging buah menjadi langu.

Pria 37 tahun itu menanam 500 tanaman di sebuah greenhouse setiap 2 pekan. Di balik keistimewaan itu ia rentan serangan embun tepung ketika kemarau.

Pakar buah-buahan tropis, Dr Mohammad Reza, yang dihubungi menduga, kedua jenis melon baru itu termasuk kelompok rock melon. Rock melon dicirikan oleh kulit dasar yang hijau tua dan berjaring putih. Daging buah jingga dan tebal serta susunan biji rapi.


Melihat kadar gula yang tinggi, direktur operasional PT Unggul Mekar Sari-pengelola Kebun Buah Mekarsari- itu menuturkan, "Wow hebat!" Soalnya, rata-rata kadar gula rock melon 13-14 briks. Di pasar-pasar swalayan harganya, jauh lebih rendah ketimbang 2 melon baru itu.

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP