GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Khasiat Teh Kombucha


Kalau Anda penikmat teh, barangkali perlu mencoba teh kombucha. Teh yang tak hanya menyegarkan, tapi juga mengusir beragam penyakit. Benar, ini tidak ngibul dan jangan apriori dulu. Begini ceriteranya. Kombucha sebenarnya teh juga yang mendapat pengolahan tambahan. Yakni berupa proses peragian atau fermentasi menggunakan jamur kombucha. Proses peragiannya mirip dengan proses penciptaan yoghurt, yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bibit ragi yoghurt.

Jamur kombucha sendiri bukan jamur beneran. la koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan berbagai bakteri, yang dikenal dengan singkatan "scoby" (symbiotic colony of bacteries and yeast). Jamur itu akan mengolah air teh gula, sehingga menghasilkan zat-zat atau senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Menyeimbangkan tubuh
Menurut dr. Henry, Sp.B. (K) onk., penulis buku Kombucha Teh Ajaib, Pencegah & Penyembuh Aneka Penyakit, teh kombucha mengandung banyak senyawa penting. Di antaranya vitamin B1, B2, B3, B6, B12, B15 (pangamic acid), vitamin C, asam folat, asam glukoronat, asam glukonat, asam asetat, asam chondroitin sulfat, asam hyaluronidase, asam laktat, senyawa mirip parasetamol, asam amino esensial, enzim, dan senyawa- senyawa antimikroba.

Dalam pandangan ahli bedah kanker ini, kombucha membuat setiap orang lebih sehat dan mencegah berbagai macam penyakit. Kombucha tidak mengobati secara simtomatis seperti obat-obat kimia. Tetapi secara keseluruhan dengan menguatkan dan menyeimbangkan seluruh tubuh dan membuatnya berfungsi lebih baik.

Nyeri sendi merupakan salah satu keluhan yang dapat diatasi dengan kombucha. Nyeri itu dapat disebabkan banyak hal, seperti radang, proses degenerasi, atau asam urat berlebihan. Kombucha dapat mengurangi, bahkan menghilangkan, keluhan dalam waktu beberapa hari sampai beberapa minggu, setelah ramuan dikonsumsi secara teratur. Penyembuhan terjadi akibat efek analgesik (antinyeri) zat yang mirip parasetamol, asam hyaluronidase, serta asam chondroitin sulfat yang ada dalam kombucha.

Sejumlah penderita susah tidur juga melaporkan manfaatnya. Mereka bertutur, berkat mengomsumsinya secara teratur, kenikmatan tidur mereka rasakan lagi, tanpa gangguan mimpi buruk. "Beda dengan obat tidur yang membuat kita tergantung, konsumsi kombucha dapat dihentikan kapan saja," kata salah satu dari mereka.

Karena mengandung berbagai vitamin, kombucha bisa memperbaiki metabolisme dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan pengalaman, mereka yang rajin mengonsumsinya tidak mudah terserang demam, batuk, pilek, atau masuk angin. Peningkatan daya tahan tubuh juga dirasakan oleh orang dewasa dan kaum lanjut usia yang rajin meminumnya.

Minum bertahap
Alasan utama kenapa kombucha efektif untuk berbagai jenis penyakit karena ia tidak memiliki efek khusus untuk penyakit tertentu. Malahan ia dapat membuat tubuh mengeluarkan toksin sehingga organ tubuh berfungsi lebih baik. Khasiatnya sangat terasa bila tubuh sedang diserang penyakit tertentu.

Bahan-bahan dan hasil akhirteh kombucha.
Lantas apakah kombucha memiliki efek samping? Beberapa orang pada awalnya mungkin mengalami sindrom detoksifikasi. Seperti pusing, diare, badan terasa panas dan berkeringat. Hal ini baik dan disebabkan oleh tubuh yang sedang mengeluarkan toksin-toksin yang tidak diperlukan. Menghindarinya dengan mula-mula meminum kombucha dalam jumlah sedikit (50 - 100 ml). Kemudian ditingkatkan jumlahnya secara bertahap. Minum banyak air putih juga dianjurkan untuk melancarkan proses pembuangan toksin. Kombucha juga tidak dianjurkan bagi penderita alergi teh dan ibu yang hamil muda.
Mau sehat, silahkan coba.

Legenda Kombucha
Kombucha berasal dari kata kombu dan cha. Kombu berasal dari nama seorang tabib dari Korea dan cha berarti teh. Pada kurun waktu 414 SM, Tabib Kombu pernah menyembuhkan seorang kaisar Jepang yang bernama Inkyo dari gangguan pencernaan kronis. Kombu lantas menganjurkan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi air teh yang dicampur dengan "jamur". Setelah itu ternyata sang kaisar sembuh dari penyakitnya. Sebagai penghargaan kepada tabib atas jasanya, sang kaisar memberi nama kombucha pada obat penyembuh yang ia konsumsi.

Berapa Banyak Harus Minum?

Khasiat kombucha baru dapat dirasakan jika dikonsumsi setiap hari secara teratur. Dosis yang dianjurkan 400 - 600 ml (2 gelas) per hari. Tapi bagi yang belum terbiasa cukup dengan 3 x 100 ml/hari. Dalam kurun waktu dua sampai tiga minggu Anda sudah dapat merasakan dampaknya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kombucha sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong. Bagi penderita maag disarankan untuk minum sesudah makan atau mencampur kombucha dengan air putih. (Trully).

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9