KLIK dan DAFTAR SEKARANG DI AGROSUKSES: Dapatkan Pendanaan, Permodalan, Pemasaran, Kemitraan, dan lain-lain khusus di bidang: Perikanan, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Agroindustri. (AGROSUKSES, Mitra Agro Terpercaya Sejak 2013).

CARA PESAN: (1). Transfer ke Rekening Mandiri: 127.000.631.8081 a/n PT. Agromania Mitra Artha uang sejumlah Rp 425.000. (2). Setelah transfer, infokan ke kami via SMS/WA ke nomor: 0822-4665-9164 dengan format "Ekspor, Nama Anda, Alamat Lengkap Anda". Contoh: Ekspor, Mira, Jl. Belimbing no.9 Kemang Timur Jaksel 12150. (3). Pesanan Anda langsung dikirim dan resi pengiriman kami kirim ke nomor Anda agar Anda bisa melacak pengiriman.

SEDIKIT INFO: Bisnis ikan sidat semakin banyak dilirik orang. Ikan asli Indonesia yang bernama latin anguilla sp dan mengandung gizi yang sangat tinggi (mengalahkan ikan salmon) ini telah membawa berkah pundi2 rejeki bagi banyak orang: mulai dari remaja, ibu rumah tangga, wiraswasta, karyawan, hingga pensiunan. Peluang bisnis terbaik saat ini dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Blacken Menyihir Para Pendengarnya

Ting... ting... .. ceririt... cit... cit... cit.... cericit..., suara blacken bersahutan menyihir para pendengarnya. Burung andalan Bagya itu selama setahun merebut 40 gelar juara 1-3 di kelas silangan impor. Terakhir; begitu didaulat menjadi kampiun Jaguar Cup pada Febuari di Pluit Jakarta, seorang hobiis berani menawar sangat tinggi. Cuma lantaran telanjur sayang saja, sang pemilik dari kota gudeg, DI Yogyakarta itu enggan melegonya.
Blacken memang menjadi maskot untuk katagori silangan impor. Gaya kibasan sayap ke kiri-kanan ditimpali suara bervolume panjang ngerol- bersinambung-cukup jadi andalan. Burung-burung silangan impor lain seperti senken, moken, dan moseng dibuat keder.

"Beberapa penyelenggara lomba malah sengaja membikin kelas tersendiri untuk blacken," tutur Bambang ketua ABC club di Yogyakarta. Itu bukan tanpa sebab. Gelar juara di kelas silangan impor dipastikan jatuh kepelukan blacken jika ia hadir

Blacken
Merunut silsilah kelahiran, blacken diperoleh dari perkawinan antar burung impor, blackthroat dan kenari. Blackthroat berasal dari Afrika. Sosoknya mirip burung gereja. Kenari lahir di kepulauan Canary, Afrika. Badan Seranus caranius itu lebih besar 1,5 kali lipat daripada blackthroat.

Kedua induk itu dipilih karena beberapa alasan. Blackthroat unggul dalam gaya dan lagu. Namun, burung mirip herda sanger itu jeblok untuk urusan volume dan panjang napas suara. Kekurangan- kekurangan itu yang lalu ditutup oleh kenari. "Suara kenari bervolume besar dengan napas panjang," ucap Bambang.

Karena induk berasal dari jenis burung berbeda tentunya perlu rambu-rambu khusus agar mereka mau bersanding. Blackthroat yang berukuran lebih kecil dipilih sebagai pejantan, sedangkan betina kenari. Pakem itu terbukti ampuh menghasilkan blacken ketimbang sebaliknya, blackthroat betina dan jantan kenari.

Dalam setiap perkawinan biasanya diperoleh 2-5 telur. Namun umum teijadi hanya 1-2 telur menetas. Semua anakan mirip blackthroat. Betina #     kenari siap bertelur lagi
1,5 bulan berikutnya.

Setelah 2 bulan
Bagus tidaknya suara anakan diketahui setelah piyik berusia 2 bulan. Tandanya piyik berbunyi kriwik-berisik-bernada sedikit panjang tapi mempunyai volume kecil dan jelas. Meski begitu hanya jantanlah yang dijumpai demikian.

Menginjak umur trimester pertama, piyik diberi pelajaran isian suara. Itu dilakukan oleh burung-burung master. Pemilihan master pun sangat tak lepas dari kesukaan penangkar. Tetapi umum dipakai adalah blackthroat, senger, dan mozambique. Untuk menambah daya tembakan suara seperti bunyi tet..tet..tet.. terkadang ciblek diselipkan sebagai master.

Sayang, kehadiran kenari sebagai master justru diharamkan. Lingkungan sekitar blacken pun dianjurkan bebas dari suara kenari. Pasalnya suara burung yang disebut lizard lantaran bermotif sisik itu tidak bagus, cuma terdengar bunyi puuur...puur...saja. "Blacken rentan berubah ke suara kenari bila ada burung itu didekatnya," papar Bambang. Namun hal itu tidak berlaku lagi bagi blacken dewasa di atas usia 2 tahun. Ia dianggap telah stabil.

Banyak silangan
Jenis silangan impor memang cukup beragam. Tetapi hanya ada 5 jenis burung yang dipakai standar penyilangan, yakni: kenari, black throat, senger, dan mozambique. Black throat mumpuni dalam gaya dan irama lagu. Kenari unggul diisi panjang napas serta volume. Senger terkenal pintar berimprovisasi dengan cengok dan ngerol bagus aduhai. Mozambique memiliki pakem suara seperti kenari tetapi volume suara lebih bertekanan keras untuk bunyi twit... twit... twit...

Piyik hasil perkawinan biasanya diberi nama mencatut sebutan awal dari induk. Blacken-blackthroat dan kenari, senken-senger dan kenari, moken- mozambique dan kenari, dan moseng- mozambique dan senger.


Kecuali moseng, semua silangan memakai kenari sebagai induk. Burung yang menyebar ke Eropa pada abad 16 itu disukai lantaran bisa mencapai suara frekuensi tinggi berirama panjang. Pada moseng, hasil anakan bersuara senger tetapi memiliki volume bunyi mozambique. Namun pada pemasteran, suara blackthroat dan senger memang paling diincar oleh penangkar.

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP