GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Buah Sirsak/ Annona muricata (Buah Unggul Indonesia)




Sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia tanaman sirsak tumbuh di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi (ketinggian 1000 m dpi). Tanaman ini mudah dikembangkan karena tidak memerlukan persyaratan berat.

Sirsak mempunyai hubungan kerabat dengan jenis lainnya seperti srikaya, mulwa (buah nona), dan sebagainya. Buah sirsak bentuknya tidak beraturan tetapi umumnya berbentuk jorong yang mengecil pada bagian ujungnya. Kulit buah mempunyai duri-duri pendek dan lunak. Daging buahnya lunak/lembek, berwarna putih berserat, berbiji hitam pipih dan banyak. Rasanya asam manis dan segar serta aromanya harum.

Tanaman sirsak mulai berbunga setelah berumur 2-3 tahun, lalu dipanen setelah 3 bulan kemudian. Umur tanaman tidaklah lama, setelah umur 5-8 tahun hasilnya menurun. Produksi rata-rata buah sirsak adalah 25 buah per pohon per tahun.

Tanda buah sirsak yang telah tua adalah jarak duri pada permukaan buah telah melebar, tangkai buah menguning aromanya harum. Bila terlambat dipanen buah akari retak, sehingga akan menurunkan kualitas buah.

Ternyata tidak semua sirsak rasanya asam manis, ada jenis sirsak yang mempunyai rasa manis yaitu sirsak ratu. Sirsak ini berasal dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ciri lain dari sirsak ini adalah lengket di lidah serta bijinya sedikit. Tanda buah yang sudah cukup matang yaitu warna kulit buah kekuningan serta letak duri merenggang. (http://www.agrosukses.com).

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9