GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Buah Pisang/ Musa paradisiaca (Buah Unggul Indonesia)




Pisang (Musa paradisiaca) termasuk keluarga Musaceae, yang sangat digemari orang karena enak dimakan sebagai buah meja atau melalui pengolahan terlebih dahulu. Varietas pisang yang telah dibudidayakan orang banyak sekali, dapat digolongkan menjadi :
1. Musa nana
Varietas pisang ini berasal dari Cina, dan dapat ditanam di dataran tinggi di atas 1000 m dari permukaan laut (pisang lain sukar tumbuh). Banyak diusahakan di Pulau Kanari dan merupakan hasil ekspor yang cukup penting.
2. Musa paradisiaca
Pisang yang termasuk golongan ini adalah jenis pisang yang enak dimakan setelah dimasak, atau yang diambil tepungnya.
3. Musa paradisiaca Sapientum
Pisang jenis ini enak dimakan setelah matang dan dihidangkan sebagai buah meja. Di antaranya adalah pisang ambon kuning, pisang raja besar, pisang raja sereh, pisang susu mas, pisang barangan, dan sebagainya.

Menurut Departemen Pertanian kultivar yang dianjurkan sebagai buah yang diunggulkan di antaranya pisang ambon kuning, pisang ambon lumut, pisang barangan, pisang raja besar, pisang badak, pisang susu, pisang kepok kuning, pisang nangka, dan pisang tanduk. Pisang yang diunggulkan sebagai buah meja haruslah memenuhi kriteria berikut : rasanya manis, aromanya harum, daging buah empuk untuk dimakan, tekstur daging halus (hampir tanpa serat), dan mempunyai bentuk buah yang menarik. Kriteria unggul bagi buah yang harus melalui proses pemasakan lebih dulu (misalnya untuk direbus, dikukus, atau digoreng) daging buahnya tidak mudah hancur, rasa daging lebih enak daripada sebelumnya, serta aroma lebih harum.

Pisang ambon kuning ukurannya lebih besar dari jenis- jenis ambon lainnya. Biasanya dalam satu tandan berisi 9 sisir (129 buah). Warna kulit kuning muda, tidak terlalu tebal. Daging buah dari buah pisang yang sudah matang berwarna kuning putih kemerahan, pulen, manis, dan mempunyai aroma yang harum.

Pisang ambon lumut ukurannya lebih kecil dari ambon kuning. Begitu juga dengan jumlah sisir per tandan lebih sedikit (7-8 sisir). Warna kulit hijau (tetap hijau walau sudah matang) dan sedikit lebih tebal dari ambon kuning. Warna daging buah ambon lumut hampir sama seperti ambon kuning tetapi sedikit lebih putih, agak keras namun aromanya lebih harum. Rasanya juga lebih manis dan gurih.

Pisang barangan merupakan pisang yang paling populer di Sumatera Utara. Ukurannya relatif lebih kecil dari pisang ambon. Setiap tandannya rata-rata jumlah sisir pisang ini berkisar 5-9 sisir, dengan berat antara 1,5-3 kg (terutama sisiran yang terdapat pada pangkal tandan). Ada 2 varietas dari jenis pisang ini yakni yang dagingnya berwarna kemerahan serta kuning. Daging buah yang kemerahan ukurannya lebih besar, rasanya lebih enak, dan aromanya lebih harum dari yang kuning. Sebenarnya, agak sulit membedakan warna kulit kedua varietas ini, tetapi yang pasti warna merah lebih banyak mempunyai bintil kecokelatan pada kulitnya.

Pisang raja kulitnya tebal, warnanya kuning bertitik hitam. Umumnya pisang ini dalam satu tandan berisi 7 sisir serta mempunyai ukuran yang cukup besar. Jika sudah matang daging buahnya berwarna putih kemerahan, legit dan manis, disertai aroma yang harum.

Pisang badak kulitnya agak tebal, warnanya kuning ber- titik-titik hitam. Biasanya dalam satu tandan berisi 9 sisir (134 buah). Apabila buah sudah matang, maka warna daging buah kuning kemerah-merahan, agak asam rasanya, dan aromanya kurang harum.

Pisang susu ukurannya hampir sama dengan pisang mas. Kulitnya tipis, dan warnanya kuning bertitik-titik hitam. Jika sudah matang, daging buahnya berwarna putih kekuningan, rasanya manis, dan aromanya harum. Di dalam satu tandan ditemui 8 sisir pisang.

Pisang kepok kulitnya sangat tebal berwarna hijau kekuningan. Apabila sudah matang dagingnya kuning kemerahan dan teksturnya agak keras. Rasanya manis, tetapi aromanya tidak harum. Satu tandan pisang berisi 7 sisir (109 buah).

Pisang nangka bentuknya panjang (± 15 cm), agak tebal kulitnya, hijau kekuningan warnanya. Daging buah berwarna hijau kuning kemerahan, manis, serta harum jika buahnya sudah matang. Di dalam satu tandan terdapat 7 sisir (98 buah) pisang.
Pisang tanduk ukurannya lebih panjang dari pisang nangka (± 30 cm). Kulitnya tebal, berwarna kuning bertitik hitam. Daging buah kuning kemerahan, dengan rasa sedikit asam. Jumlah sisir pisang tanduk lebih sedikit dari pisang nangka. Satu tandan pisang berisi 3 sisir atau sekitar 15 buah. (http://www.agrosukses.com).

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9