GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Buah Nangka / Arthocarpus heterophyllus (Buah Unggul Indonesia)




Nangka (Arthocarpus heterophyllus Syn. Artocarpus integra) berasal dari India bagian selatan. Nangka termasuk keluarga Moraceae yang masih satu marga dengan sukun, keluwih, cempedak, bendo.

Nangka mirip dengan cempedak, tetapi bila diperhatikan dengan seksama terdapat perbedaan antara keduanya, yaitu buah nangka panjangnya 30-90 cm, garis tengahnya 25-50 cm; buah yang matang berwarna kuning, kuning kecokelatan atau hijau, aromanya harum; dagingnya tebal, agak keras, warnanya kuning keemasan, kuning kemerahan atau kuning keputih-putihan.

Nangka yang disukai konsumen adalah yang daging buahnya besar, tebal, berbiji kecil, manis, harum, dan lunak. Secara umum ada dua golongan nangka yaitu nangka biasa dan nangka bubur. Nangka biasa dagingnya keras dan agak kesat, sedangkan nangka bubur dagingnya lunak dan berair.

Nangka umumnya mulai berbuah setelah berumur 8 tahun dan beratnya mencapai 20 kg, bahkan ada yang sampai 40 kg. Tanda buah yang telah matang adalah makin jarangnya letak antarduri kulit dan kalau dipukul berbunyi dug . . dug dari dalam.

Dikenal pula nangka mini, nangka ini cepat berbuah, pada umur 18 bulan sudah mengeluarkan buah yang pertama. Ukurannya hanya 5-15 kg, tetapi berbuah lebat.

Dalam satu pohon terdapat 30 sampai 50 buah, pada usia 10-15 tahun nangka mini sudah tidak dapat diharapkan lagi produksinya.

Jenis nangka yang dikenal masyarakat bermacam- macam. Hal ini disesuaikan dengan kebiasaan orang menyebutnya. Ada nangka kapuk yang daging buahnya empuk, buahnya besar, dan panjang serta warnanya hijau segar sewaktu muda. Duri kulit buah besar dan jarang. Dibandingkan dengan jenis nangka lain, nangka kapuk daunnya lebih besar, panjang, dan tebal.

Di Jawa Tengah dikenal pula berbagai macam nangka dan jenis nangka tersebut juga berdasarkan sebutan yang belum berlaku umum di masyarakat. Ada kemungkinan jenis buahnya sama tetapi sebutannya berbeda, seperti nangka salak dagingnya "kencang" seperti salak. Nangka pandan harumnya seperti daun pandan. Nangka sukun bijinya kecil sekali. Nangka kunir, dagingnya kuning seperti kunyit (kunir). Nangka hutan buahnya lebih kecil dari nangka mini yaitu hanya sekitar 4 kg bobot per buahnya, aromanya tajam, dan rasanya manis. (http://www.agrosukses.com).

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9