GRATIS EBOOK:

Bonus 3 Sekaligus:

Buah Apel/ Malus sylvestris (Buah Unggul Indonesia)


Apel (Malus sylvestris) termasuk keluarga Rosaceae. Jenis apel yang menguasai pasaran saat ini adalah varietas Rome Beauty, kemudian varietas Princess Noble yang dikenal juga sebagai apel australia atau apel hijau serta apel manalagi berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang yang merupakan pusat apel di Indonesia.

Varietas Rome Beauty bibitnya dinamakan Cahort I, oleh Cabang Lembaga Penelitian Hortikultura Malang. Karena pemasarannya yang luas dan disukai berbagai golongan konsumen, maka apel ini dikenal pula sebagai apel kampung.

Varietas Rome Beauty buahnya bulat sampai jorong, pucuk buah berlekuk dangkal sampai agak dalam, bersekat 5 tidak nyata. Pori kulitnya agak kasar dan tebal. Aroma buah tidak tajam dan rasanya segar karena cukup berair. Bentuk dan besar buah bervariasi. Daging buahnya keras dan agak kasar berwarna putih kekuningan. Tangkai buah agak panjang. Bijinya bulat panjang, kecil, berwarna cokelat tua.

Warna buah hijau merah, yang kena sinar matahari berwarna merah sedangkan yang tidak terkena sinar matahari berwarna hijau. Buah berdiameter 5-12 cm, sedangkan berat antara 75-300 g/buah. Varietas ini peka terhadap cendawan Marsonina sp. Produksi buah 15 kg/pohon.

Varietas Princess Noble atau apel hijau atau apel australia mempunyai ciri khas yaitu warna buah tetap hijau kekuningan walaupun sudah matang. Buah berbentuk jorong, pucuk buah dan pangkalnya berlekuk dalam. Pori kulit buah nyata, halus dan renggang. Aroma buah kuat serta segar rasanya. Daging buah berwarna putih, halus, dan berair. Tangkai buah panjang, kecil, kelabu. Sedangkan bijinya agak bulat berwarna cokelat tua.

Apel manalagi mempunyai ciri khas rasa buah manis tidak ada asamnya walaupun belum matang. Bentuk buah bulat, berdiameter 4-7 cm, dengan berat 75-160 g/buah. Warna buah hijau muda kekuningan, kulit jarang-jarang. Daging buah agak liat, kurang berair dan berwarna keputih- putihan. Aromanya harum segar, dengan rasa manis. Bentuk biji bulat pendek dan berwarna cokelat tua. Produksi buah rata-rata 7,5 kg/pohon. Varietas ini peka terhadap cendawan Marsonina sp.

Di samping varietas tersebut di atas, ternyata masih ada satu jenis apel yang mempunyai prospek baik untuk dikembangkan yaitu Apel Ana. Apel ini didatangkan dari Thailand dan sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1979. Keistimewaan apel ini adalah bentuknya seperti trapesium terbalik, warnanya merah tajam serta pertumbuhannya cepat dan subur. Apel ini ternyata rasanya lebih masam dibandingkan jenis Rome Beauty dan sering dipalsukan dengan apel dari Australia, karena warnanya sama. Produksi apel ini rata-rata 40 kg/pohon/musim. Dengan adanya kelebihan Apel Ana, maka dicoba dipadukan dengan jenis apel lainnya sehingga dapat menghasilkan yang terbaik.(http://www.agrosukses.com)

Powered by 123ContactForm
 

Agrosukses Pustaka Info | www.agrosukses.com, Pasar Agrobisnis Online, Email: admin@agrosukses.com, SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9